Monday, December 1, 2014

Contoh Lembar Reportase, Wawancara, Pengamatan dan Catatan Lapangan (FieldNote)

Contoh Lembar Reportase, Wawancara, Pengamatan dan Catatan Lapangan (FieldNote) - Sebagai seorang guru di SD yang sekarang menggunakan kurikulum 2013, maka kita diajak untuk menggembangkan dan menemukan potensi siswa dalam belajar, khususnya kemampuan menalar siswa. Dan salah satu hal menarik yang saya jumpai selama mengajar adalah kegiatan atau proyek sederhana bagi para siswa kelas V yang diantaranya adalah kegiatan Debat Cillik, Bermain Peran sebagai Reporter, Menjadi Reporter di rumah dan di lingkungan tetangga serta hasil pengamatan terhadap suatu peristiwa atau fenomena di lingkungan masyarakt.

Nah, salah satu alat bantu untuk kesuksesan sebuah reportase, penelitian atau pengamatan, maka diperlukan sebuah format catatan lapangana tau FieldNote. Berikut ini adalah contoh yang saya berikan kepada anak didik saya:

LEMBAR LAPORAN REPORTASE / PENGAMATAN / WAWANCARA

Nama Narasumber    :   
Reporte                      :   
Hari / Tanggal           :   
Topik Reportase       :    

Hasil Reportase:
      
Dalam kolom hasil reportase, di sini siswa diminta menuliskan semua peristiwa yang ia alami atau amati. Baik berupa hasil wawancara atau peristiwa yang teramati atau terekam. Dalam kolom ini tidak berisi sudut pandang atau pendapat siswa.
   
   
   
   

Kesimpulan :
   
Dalam kolom ini, siswa menuliskan kesimpulan atau pendapatnya terhadap apa yang diamati berdasarkan hasil reportase di atas.
   
   
   
   
NB: Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan pada lembar belakang kertas laporan ini!
Nah, demikianlah artikel kami tentang Contoh Lembar Reportase, Wawancara, Pengamatan dan Catatan Lapangan (FieldNote), semoga bermanfaat. By YB-AJM

0 comments :

Post a Comment