Friday, January 2, 2015

FUNGSI HUTAN (MANFAAT HUTAN BAGI KEHIDUPAN)

FUNGSI HUTAN (MANFAAT HUTAN BAGI KEHIDUPAN) - Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kawasan hutan yang luas, bahkan pulau Borneo atau kalimantan dianggap sebagai paru-paru dunia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, invasi manusia telah merusak secara tidak terkendali semisal pembukaan hutan untuk lahan pertanian dan perkebunan, penambangan dan perluasan daerah hunian. Akibatnya, timbul berbagai masalah yang sangat merugikan manusia itu sendiri dan alam secara keseluruhan.

Agar kita tergugah untuk menjaga hutan, mari kita lihat fungsi dan manfaat hutan. Semoga dengan mengetahuinya, kita semakin mencintai dan menjaga hutan kita dengan baik. Berikut adalah beberapa FUngsi dan Manfaat Hutan di antaranya:

1. Mencegah erosi


Akar-akar pohon berfungsi sebagai pencari makanan atau penyerap air bagi keperluan tumbuhan tersebut. Dengan adanya hutan, air hujan akan terserap ke dalam tanah dan diserap oleh akar pepohonan, sehingga air tanah dan sebagian air permukaan akan tersimpan dan tidak bertumpuk yang dapat menyebabkan banjir.
   
2. Mencegah Longsor

Akar-akar pohon juga berfungsi sebagai pengikat butiran-butiran tanah. Tentu saja fungsi akar sebagai pengikat butiran tanah ini akan berfungsi maksimal jika pohonnya dalam keadaan hidup, dikarenakan butiran tanah tersebut terikat bersamaan dengan kemampuan pohon untuk menyerap air. Jika pohonnya sudah dalam keadaan mati (telah ditebang), maka fungsi pengikatnya juga akan hilang. Hal inilah yang menyebabkan tanah pada lereng-lereng gunung atau bukit tidak saling mengikat dan dapat jatuh menjadi tanah longsor.

3. Sumber Oksigen dan Penyerap Karbon Dioksida


Sudah bukan rahasia umum bahwa dalam proses fotosintesis atau proses tumbuhan memasak makanannya, Tumbuhan menyerap Karbon Dioksida (yang kita buang) dan menghasilkan oksigen (yang kita hirup) sebagai hasil respitrasi. Oksigen sangat berguna bagi mahluk hidup hewan dan manusia. Untuk itulah mengapa pulau Kalimantan yang dulunya disebut dengan paru-paru dunia karena mampu memberikan sumbangan oksigen bagi dunia.

4. Penyerap zat beracun dan debu di udara


Pohon memiliki kemampuan untuk menyerap partikel-partikel debu dan zat beracun lainnya di udara. Kalau di daerah yang dipenuhi debu, maka pada permukaan daun-daun pohon akan tampak jelas debu-debu yang diserapnya. Partikel debu ini akan jatuh ke tanah saat terkena air hujan.

5. Pengatur tata air

Salah satu fungsi hutan yang sangat penting adalah sebagai pengatur tata air. Hutan memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengatur, dan menjaga persediaan dan keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau. Saat musim hujan, pohon-pohon akan menyerap air sesuai volume yang mampu ia tampung.

6. Sebagai sumber plasmanutfah
Plasmanutfah adalah masa organisme (flora dan fauna) yang masih membawa sifat sifat genetik asli. Plasmanutfah merupakan substansi yang mengatur perilaku kehidupan secara turun termurun, sehingga populasinya mempunyai sifat yang membedakan dari populasi yang lainnya. Perbedaan yang terjadi itu dapat dinyatakan, misalnya dalam ketahanan terhadap penyakit, bentuk fisik, daya adaptasi terhadap lingkungannya dan sebagainya.

Sedangkan menurut Pengertian atau Definsi yang terdapat pada Kamus Pertanian adalah substansi sebagai sumber sifat keturunan yang terdapat di dalam setiap kelompok organisme yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan atau dirakit agar tercipta suatu jenis unggul atau kultivar baru.

7. Sumber Devisa Negara

Bukannya tidak boleh mengambil kekayaan hutan, tetapi yang mengambilnya haruslah bijaksana. Ada banyak kekayaan alam di hutan yang dapat diambil dan digunakan atau dijual tanpa harus merusak hutan, misalnya damar, rotan dsb. Selain itu, menebang hutan juga perlu memerhatikan syarat-syarat penebangan semisal menggunakan aturan Tebang Pilih Tanam.

Tebang Pilih Tanam maksudnya adalah memilih pohon yang komersial atau bernilai jual dengan diameter setinggi dada orang dewasa dan dalam 1 ha harus menyisahkan 25 pohon yang komersial (bukan yang kecil saja, melainkan pohon yang komersial disisahkan minimal 25 pohon).

Hasil hutan itu kemudian dapat diolah atau dijual ke luar negeri dan dapat menghasilkan devisa bagi negara.

8. Keindahan

Tentu saja salah satu fungsi hutan yang tak dapat dihindari adalah fungsinya sebagai keindahan. Banyak orang yang ingin menenangkan pikiran mereka dengan menikmati alam hutan yang indah.

Masih banyak lagi manfaat hutan yang belum kita sadari sepenuhnya, untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mulai sekarang, marilah kita menjaga hutan kita, demi kita, dan anak cucu kita kelak. Salam Sobat Belajar.

0 comments :

Post a Comment