Thursday, March 26, 2015

TIPE GOLONGAN DARAH, CARA TES UJI DARAH, TRANFUSI DARAH DAN DONOR DARAH

TIPE GOLONGAN DARAH, CARA TES UJI DARAH, TRANFUSI DAN DONOR DARAH - Golongan darah umumnya dibagi menjadi 4 (empat) berdasarkan tipe antigen yang terdapat didalam sel, yaitu golongan darah A, B, AB dan O dan yang berjasa membedakannya adalah seorang Ahli imunologi (ilmu tentang kekebalan tubuh) berkebangsaan Austria bernama Karl Landsteiner (1868-1943). Golongan darah dibedakan berdasarkan ADA ATAU TIDAK ADANYA AGLUTINOGEN maka golongan darah dikelompokkan menjadi golongan darah A, B, AB, dan O.

Dalam darah, terdapat membran eritrosit. Membran eritrosit mengandung dua antigen yaitu antigen tipe-A dan antigen tipe-B. Antigen ini disebut aglutinogen.

Sebaliknya, antibody yang terdapat dalam plasma darah akan bereaksi spesifik terhadap antigen tipe-A atau tipe-B yang dapat menyebabkan aglutinasi (penggumpalan) eritrosit. Antibody plasma yang menyebabkan penggumpalan aglutinogen disebut aglutinin. Ada dua macam aglutinin, yaitu aglutinin-a (zat anti-A) dan aglutinin-b (zat anti-B).

Aglutinogen-A mempunyai enzim glikosil tranferase yang mengnadung asetil glukosamin pada rangka glikoproteinnya. Sedangkan aglutinogen-B mengandung enzim galaktosa pada rangka glikoprotennya. Aglutinogen-AB adalah golongan yang memiliki kedua jenis enzim tersebut.
  1. Golongan darah A, yaitu jika eritrosit mengandung aglutinogen-A dan aglutinin-b dalam plasma darah.
  2. Golongan darah B, yaitu jika eritrosit mengandung aglutinogen-B dan aglutinin-a dalam plasa darah.
  3. Golongan darah AB, yaitu jika eritrosit mengandung aglutinogen-A dan B, dan plasma darah tidak meiliki aglutinin.
  4. Golongan darah O, yaitu jika eritrosit tidak memiliki agutinogen-A dan B, dan plasma darah memiliki aglutinin-a dan b.
Untuk lebih jelasnya, lihat tabel berikut :

Golongan Darah
Aglutinogen
Aglutinin
A
A
a
B
B
b
AB
A dan B
Tidak Ada
O
Tidak Ada
a dan b

Uji golongan darah atau tes darah dilakukan untuk mengetahui golongan darah seseorang. Cara melakukan tes darah adalah dengan mengambil sampel darah orang yang akan di tes golongan darahnya, kemudian sampel darah tersebut, masing- masing akan ditetesi oleh serum anti A, anti B dan anti AB. Serum tersebut identik dengan aglutinin sehingga serum tersebut dapat menggumpalkan darah apabila bercampur dengan darah yang memiliki aglutinogen yang sesuai.  

Tabel aglutinasi golongan darah dengan serum anti A, Anti B dan anti AB.
Golongan Darah
Serum Anti A/ Aglutinin a
Serum anti B/ Aglutinin b
Serum anti AB/ Aglutinin ab
A
Menggumpal
Tidak Menggumpal
Menggumpal
B
Tidak Menggumpal
Menggumpal
Menggumpal
AB
Menggumpal
Menggumpal
Menggumpal
O
Tidak Menggumpal
Tidak Menggumpal
Tidak Menggumpal


Seseorang dengan golongan darah B jika ditetesi dengan serum anti B maka darahnya akan menggumpal, karena aglutinogen pada darah orang tersebut bercampur dengan serum anti B yang identik dengan aglutinin B. Sedangkan ketika ditetesi serum anti A darahnya tidak menggumpal karena orang tersebut tidak memiliki aglutinogen A sehingga serum anti A tidak menggumpalkan darah.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut:

Untuk memahami dengan saksama, cocokkan dengan tabel 2 di atas tentang Tabel aglutinasi golongan darah dengan serum anti A, Anti B dan anti AB. Semoga artikel kami ini bermanfaat bagi Sobat Belajar semua.

0 comments :

Post a Comment