Saturday, March 19, 2016

Karbohidrat: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Sumber Makanan yg Mengandung Karbohidrat

Sobat BelAjar, Tubuh kita memerlukan begitu banyak sumber makanan untuk bisa bertumbuh kembang, mempertahankan kesehatan dan lain sebagainya. Sumber makanan itu harusnya mengandung komposisi yang baik semisal karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan protein sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, dalam artikel kita kali ini, kita akan membahas tentang KARBOHIDRAT.

Apa itu karbohidrat? Karbohidrat merupakan sumber tenaga bagi tubuh kita. Karbohidrat disebut juga hidrat arang dan merupakan senyawa yang disusun oleh unsur C (karbon), H (hidrogen) dan O (oksigen). dan menurut Ahli Gizi, Karbohidrat adalah polihidroksi aldehid atau polihidroksi keton dan meliputi kondensat polimer-polimer yang terbentuk. Nama karbohidrat dipakai dalam senyawa tersebut karena rumus empirisnya yang berupa CnH2nOn atau Cn(H2O)n yaitu karbon yang mengalami hidratasi. 


B. JENIS KARBOHIDRAT

Adapun pembagian Karbohidrat dibagi berdasarkan:

1. Ukuran molekulnya
   A. Monosakarida
   B. Disakrida
   C. Polisakrida
  
2. istilah dalam ilmu gizi

  • karbohidrat sederhana : Karbohidrat sederhana terdiri atas monosakarida,disakarida,gula, alkohol dan oliogosakarida
  • karbohidrat kompleks : Karbohidrat kompleks terdiri atas polisakarida dan serat
  

C. FUNGSI KARBOHIDRAT BAGI TUBUH
Ada beberapa fungsi karbohidrat bagi tubuh, diantaranya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh, sumber cadangan makanan, pengatur suhu tubuh, mengoptimalkan fungsi protein dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut:

1. Sumber Energi Tubuh
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai pasokan utama energi bagi tubuh. Setiap gram karbohidrat menghasilkan 4 kkal. Sebagian karbohidrat ada pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi, sebagian terdapat pada hati dan jaringan otot sebagai glikogen, dan sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak.

2. Sumber Cadangan Makanan
Nah, dari penjelasan pertama dikatakan bahwa sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak. Di sinilah karbohidrat berfungsi sebagai cadangan makanan bagi tubuh.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Makanan tinggi karbohidrat kaya akan serat yang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar. Serat pada makanan dapat membantu mencegah kegemukan, kanker usus besar, diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kolesterol tinggi.

4. Mengatur Metabolisme Lemak
Fungsi karbohidrat lainnya, yaitu sebagai pengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna.

5. Mengoptimalkan Fungsi Protein
Ketika kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi, maka tumbuh akan mengambil protein sebagai cadangan energi. Akibatnya fungsi protein sebagai zat pembangun tidak optimal. Memenuhi kebutuhan karbohidrat akan membuat protein melaksanakan tugas utamanya sebagai zat pembentuk tubuh.

6. Karbohidrat Sebagai Pemanis Alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis pada makanan, khususnya monosakarida dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. Fruktosa adalah gula yang paling manis. Bila tingkat kemanisan sakarosa diberi nilai 1, maka tingkat kemanisan fruktosa adalah 1,7; glukosa 0,7; maltosa 0,4; laktosa 0,2.

7. Karbohidrat Sebagai Pengatur Suhu Tubuh
Selain fungsi di atas, karbohidrat juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh.

8. Membantu Pengeluaran Feses
Karbohidrat membantu pengeluaran feses dengan cara emngatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses. Selulosa dalam serat makanan mengatur peristaltik usus. Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi. Selain itu, Laktosa dalam susu membantu absorpsi kalsium. Laktosa lebih lama tinggal dalam saluran cerna, sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.


D. SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG KARBOHIDRAT

Makanan tepung-tepungan paling banyak mengandung karbohidrat, misalnya Kentang, Biji-bijian, Ubi jalar, Kacang-kacangan, Oatmeal, Beras merah, Jagung, Singkong, Sagu dan juga terdapat pada Putih telur, Buah-buahan segar, Roti, Pasta dan Produk dari olahan susu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan buka tautan berikut:
==> SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG KARBOHIDRAT
==> AKIBAT KEKURANGAN ATAU KELEBIHAN KARBOHIDRAT

0 comments :

Post a Comment