Sabtu, 30 Mei 2020

ILMU MURNI DAN ILMU TERAPAN | PURE SCIENCE AND APPLIED SCIENCE

ILMU MURNI DAN ILMU TERAPAN | PURE SCIENCE AND APPLIED SCIENCE - Dalam dunia pendidikan, kita sering mendengar bahwa ini adalah ilmu murni dan itu adalah ilmu terapan. Namun terkadang, ketika kita mengungkappkan istilah tersebut, justru banyak yang belum memahami apasih yang dimaksud dengan ilmu murni dan ilmu terapan tersebut. untuk itu, di bawah ini secara ringkas saya menuliskan mengenai penegrtian dari kedua ilmu tersebut.

Apa itu Ilmu Murni dan Terapan?

1. PURE SCIENECE/ILMU MURNI

Ilmu Murni (Pure Science) adalah pengembangan teori dan prediksi ilmiah seperti dalam Kimia, Biologi atau Fisika. Dikenal juga sebagai  ‘Basic Science’ atau ‘Natural Science’. Ilmu Murni adalah penelitian yang tidak memperhitungkan bagaimana teori-teori dapat diterapkan, tetapi menggunakannya untuk menjawab pertanyaan atau fenomena. Pekerjaan ilmu ini seringkali dijalankan di dalam laboratorium.

Dorongan untuk memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoris guna memenuhi kuriositas dan memahami tentang hakikat alam semesta dan isinya. 

2. APPLIED SCIENCE/ILMU TERAPAN

Ilmu terapan (Applied Science) adalah penerapan dari teori dan prediksi tersebut ke dalam problem-problem praktikal seperti Teknologi atau Teknik (biasanya dalam Penelitian & Pengembangan, atau dikenal sebagai R&D). Ilmu ini dipraktekkan di luar laboratorium.

Dorongan praktis, yang memanfaatkan pengetahuan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi.(Maskoeri Jasin, 1998: 9).

Mengapa kuliah Ilmu Murni dan Terapan?

Sebagai suatu spesies, kita harus sering menantang apa yang kita ketahui, supaya kita bisa menemukan pengetahuan dan teknologi baru, demi kemajuan peradaban manusia.

Tanpa kemajuan dari teori-teori ilmiah, kita tidak dapat mengenal lingkungan sekitar, dan berakibat pada kita tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah yang timbul (misalnya sumber daya yang semakin menipis, perubahan iklim, dan lain-lain).

Ilmu Murni dan Terapan adalah bidang-bidang yang termasuk dalam STEM fields yang banyak diminati perusahaan di seluruh dunia.  Banyak negara yang mempermudah mahasiswa internasional lulusan bidang STEM, baik itu untuk ijin kerja maupun ijin tinggal. Jadi jika kamu tidak ingin kembali ke negara asal setelah lulus kuliah, bidang ini patut dipertimbangkan.

DAFTAR PUSTAKA:
Maskoeri Jasin, 1998: 9. -
https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/kuliah-ilmu-terapan-dan-ilmu-murni-di-luar-negeri/

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1