Pada beberapa postingan saya sebelumnya, saya telah mengupas sedikit mengenai Teori-Teori Psikologi Belajar yaitu Teori Psikologi Belajar Behavioristik, Kognitif dan Humanistik. Kemudian pada sua postingan sebelumnya juga saya telah menjelaskan sedikit mengenai Teori Psikologi Belajar Kognitif dan salah satu ahli dari Psikologi Belajar Kognitif yaitu Lewin dengan teorinya kognitif-Field (silahkan di cek di sini).
Nah Sekarang kita melangkah ke Ahli Teori Belajar Kognitif yang kedua yaitu Jean Peaget. Dalam teorinya, ia memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dari fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Ia memakai istilah scheme: pola tingkah laku yang dapat diulang. Yang berhubungan dengan :
Nah Sekarang kita melangkah ke Ahli Teori Belajar Kognitif yang kedua yaitu Jean Peaget. Dalam teorinya, ia memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dari fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Ia memakai istilah scheme: pola tingkah laku yang dapat diulang. Yang berhubungan dengan :
1. Reflex pembawaan (bernapas, makan, minum)
2. Scheme mental (pola tingkah laku yang susah diamati, dan yang diamati)
Menurut Piaget bahwa perkembangan kognitif individu meliputi empat tingkat yaitu :
1. Sensory motor
2. Pre operational
3. Concrete operational dan
4. formal operational
Perkembangan kognitif individu meliputi empat tahap menurut Piaget yaitu:
1. Kematangan
2. Pengalaman fisik/ lingkungan
3. Transmisi social
4. Equilibrium/ self regulation
Menurut Piaget intelegensi itu terdiri dari tiga aspek, yaitu:
1. Struktur (scheme) : pola tingkah laku yang dapat diulang
2. Isi (content) :pola tingkah laku yang spesifik (saat menghadapi masalah)
3. Fungsi (function) :berhubungan dengan cara seseorang untuk mencapai kemajuan intelektual.
0 komentar :
Posting Komentar