Sabtu, 30 Mei 2020

RUANG LINGKUP & TUJUAN PENGAJARAN IAD ILMU ALAMIAH DASAR (BASIC NATURAL SCIENCE)

RUANG LINGKUP & TUJUAN PENGAJARAN IAD ILMU ALAMIAH DASAR (BASIC NATURAL SCIENCE) | Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) merupakan ilmu pengetahuan alam yang mengkaji prinsip esensial saja, sehingga ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) secara garis besar meliputi:

1. Fisika (Physics)

Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan – perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik dibagi dalam mekanika, panas, bunyi, cahaya, gelombang, listrik, magnit dan teknik mekanik, teknik sipil, teknik listrik dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi dan antariksa.

2. Kimia (Chemistry)

Suatu ilmu pngetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan – perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara gari besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruhan, kemudian diikuti dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.

3. Biologi (Biological Science)



Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala – gejalanya

Setelah kita mengenal dan memahami perkembangan dan pengertian dari IAD atau Ilmu alamiah Dasar atau Basic Natual Science, SERTA Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Kini kita harus memahaimi juga apasih yang menjadi tujuan dari ilmu yang satu ini sehingga kita tahu kemana ilmu ini akan membawa kita. Baiklah langsung saja Tujuan pengajaran Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) yaitu:
  1. Memperkenalkankonsep–konsepdasardalam IPA.
  2. Memberikanwawasanpengetahuan, pengertian dan apresiasiterhadap objekdancarapemikiran serta  cara– carapendekatanalamIPA dan teknologi.
  3. Memberikanbekaluntukmemanfatkanbahan dan  carapemikiran, cara– carapendekatandan hasil – hasil dalam IPA dan teknologi.
  4. Mengembangkaninteraksiyang selarasdan  displin  ilmu aksaktadannon – eksakta.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1