Wednesday, May 17, 2017

Pesawat Sederhana: Tuas / Pengungkit Golongan 1, 2 dan 3 penjelasan dan contohnya

Sejak bangku SD, kita sudah mempelajari tentang jenis-jenis pesawat sederhana, yaitu Tuas atau pengungkit, Roda berporos, bidang miring dan katrol. Kali ini, artikel kita fokus dahulu pada pesawat sederhana jenis Tuas atau Pengungkit.

Sebelum itu, kita harus tahu terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan Pesawat Sederhana. Pesawat Sederhana adalah alat-alat dalam kehidupan sehari yang yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Atau, singkatnya, Pesawat sederhana bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia.



Baiklah, mari kita menuju pada penjelasan selanjutnya tentang Tuas atau Pengungkit.

Pesawat Sederhana: 
Tuas / Pengungkit Golongan 1, 2 dan 3 
penjelasan dan contohnya

Tuas atau pengungkit dibagi menjadi tiga (3) golongan, yaitu Tuas / Pengungkit golongan 1, Tuas / Pengungkit golongan 2 dan Tuas / Pengungkit golongan 3. Pembagian golongan ini berdasarkan posisi dari Titik Tumpuh, Beban dan Kuasa yang mnjadi ciri khas sebuah Tuas/Pengungkit.


1. Tuas / Pengungkit golongan 1

Tuas jenis pertama memiliki ciri-ciri titik tumpuh berada di tengah atau dengan kata lain titik tumpu terletak di antara beban dan kuasa. 


Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut:





Contoh tuas atau pengungkit jenis pertama adalah gunting, linggis, palu pencabut paku, tang, dan mainan jungkat-jungkit.

2. Tuas / Pengungkit golongan 2


Tuas / Pengungkit golongan 2 cirinya adalah beban berada di tengah, atau beban terletak di antara titik tumpuh dan kuasa atau beban terletak di antara kuasa dan titik tumpu.


Contoh tuas jenis kedua dalam kehidupan sehari-hari adalah gerobak dorong, alat pembuka tutup botol minuman, alat pemecah kemiri, alat pengambil gorengan.


Coba kita mengamati pada contoh gerobak dorong. Yang berperan sebagai titik tumpuh adalah rodanya. Sebagai beban adalah pasir yang ada di atas gerobak dorong. sedangkan yang berperan sebagai kuasa adalah tangan pegangan yang dipegang dan diangkat saat gerobak didorong.

3. Tuas / Pengungkit golongan 3


Tuas / Pengungkit golongan 3 ciri-cirinya yang berada di tengah adalah KUASA. Jadi kuasa terletak di antara titik tumpuh dan kuasa.


Contoh tuas jenis ketiga adalah orang yang sedang mengangkat barbel, orang yang sedang menyapu, orang yang sedang memancing, orang yang sedang menggunakan sekop, orang yang sedang mencangkul. Pesawat Sederhana: Tuas / Pengungkit Golongan 1, 2 dan 3 penjelasan dan contohnya

0 comments :

Post a Comment