Sabtu, 23 Mei 2020

Menentukan Rentang Kelas, Kelas Interval, Panjang Kelas Interval, Tabel Distribusi Frekuensi, Mean dan Simpangan Baku UTS dan UAS

Menentukan Rentang Kelas, Kelas Interval, Panjang Kelas Interval, Tabel Distribusi Frekuensi, Mean dan Simpangan Baku UTS dan UAS | Sebelum itu mari kita belajar mengenai apa itu Rentang Kelas, Kelas Interval, Panjang Kelas Interval, Tabel Distribusi Frekuensi, Mean dan Simpangan Baku.

1. Rentang Kelas

Rentang kelas tentang kelas ialah data terbesar dikurangi dengan data terkecil. misalnya data terbesarnya adalah 93 dan data terkecilnya adalah 42 Titik maka rentang kelas adalah 93 - 42 = 51.

2. Kelas Interval

Setelah menentukan panjang rentang kelas, maka langkah selanjutnya adalah menentukan banyaknya kelas interval. untuk menentukan banyaknya kelas interval dapat digunakan aturan sturgess yaitu:

 banyak kelas = 1 + 3,33 log n, dimana n = banyak data.

3. Panjang Kelas Interval

Setelah menentukan rentang kelas dan banyak kelas maka langkah selanjutnya adalah menentukan panjang kelas interval (p).  Adapun panjang kelas interval didapatkan dengan cara : 

p = rentang kelas / banyak kelas

Apabila panjang kelas interval nya adalah bilangan desimal, misalnya 8,67 maka panjang kelas interval dapat diambil 8 atau 9.


Menentukan Rentang Kelas, Kelas Interval, Panjang Kelas Interval, Tabel Distribusi Frekuensi, Mean dan Simpangan Baku UTS dan UAS

4. Mean

Mean adalah harga atau nilai rata-rata mean merupakan pengukuran gejala pusat yang paling sering digunakan. atau harga rata-rata dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

 M = Jumlah seluruh data / Jumlah data 


5. Simpangan Baku

Simpangan baku sangat bermanfaat dalam mengukur variasi skor. simpangan baku pada dasarnya mengukur Seberapa jauh setiap skor menyebar dari mean atau nilai rata-rata. semakin besar harga simpangan baku menunjukkan bahwa sebaran skor dari mean semakin besar. atau dengan kata lain semakin besar harga simpangan baku data tersebut semakin heterogen atau majemuk sebaliknya Semakin kecil harga simpangan baku , sebaran skor dari meannya semakin kecil. dengan demikian semakin kecil harga simpangan baku maka data tersebut semakin homogen atau serupa dan satu rumpun.

Nah kalau teman-teman sering membaca buku-buku statistika dasar maka akan mudah menemukan rumus rumus untuk menghitung nilai simpangan baku. perhitungan simpangan baku dapat menggunakan kan rumus statistika yang mungkin agak rumit dan memerlukan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya akan tetapi Zainul, dan Nasution n  1977 memberikan pendekatan perhitungan harga simpangan baku yang sangat sederhana. Adapun pendekatan untuk menghitung harga simpangan baku tersebut diambil dari jenkins seperti dikutip Edward, C.A., at al.   1977 dalam bukunya yang berjudul planning, Teaching, and Evaluation.

Rumus pendekatan tersebut adalah sebagai berikut:

 SB =  (Jumlah skor 1/6 peserta kelompok atas -  jumlah skor 1/6 peserta kelompok bawah) :  1/2 jumlah peserta

Berikut ini adalah contoh soal yang dapat menjawab semua pertanyaan pertanyaan di atas.

CONTOH SOAL:

Disajikan dari hasil tes UTS dan UAS Mata Pelajaran Geografi sebagai berikut:

Data Skor Tes UTS
57 53 57 60 54 57 56 61 57 54 59 53
60 57 57 58 54 57 55 56 62 59 55 56
60 56 56 60

Data Skor UAS
53 57 60 56 57 54 63 57
56 58 63 58 57 58 56 58 56 58 59 54
57 58 55 60 58 57 57 55

Maka susunlah data dalam Tabel Frekuensi Distribusi berdasarkan data di atas sbb:
1) Tentukan rentang
2) Tentukan banyak kelas interval
3) Tentukan Panjang kelas interval, termasuk ujung kelas interval pertama
4) Buat tabel distribusi frekuensi
5) Tentukan Mean
6) Tentukan Simpangan Baku

JAWABAN:
Data Skor Tes UTS

Nilai
Frekuensi
Jumlah
Data
62
1
62
61
1
61
60
4
240
59
2
118
58
1
58
57
7
399
56
5
280
55
2
110
54
3
162
53
2
106
Jumlah
28
1.596

Data Skor Tes UAS
Nilai
Frekuensi
Jumlah
Data
63
2
126
60
2
120
59
1
59
58
7
406
57
7
399
56
4
224
55
2
110
54
2
108
53
1
53
Jumlah
28
1.605

selanjutnya, data jawaban saya sajikan dalam bentuk Tabel. Jika ada yang ingin hasil dalam bentuk MS WORD, silahkan masukkan pada kolom komentar atau menghubungi saya via email: jufryfreakyboy@gmail.com

Sebelum itu, silahkan lihat Nilai Log DENGAN Faktorisasi pada Artikel Kami DI SINI







Daftar Pustaka:
Adi Suryanto, dkk. (2019) Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1