Minggu, 18 Juni 2023

Teks Narasi Informatif: Untuk PPL Menemukan Ide Pokok dan Ide Pendukung

 

Kekayaan Budaya Indonesia Terancam Punah

 

(1) Kekayaan budaya Indonesia terancam punah seiring arus modernisasi yang menjelajah ke setiap pelosok. (2) Banyak warga yang meninggalkan tradisi karena tidak lagi dianggap penting dan tidak selaras dengan peradaban modern. (3) Sebagian memang telah punah, tetapi sebagian lagi masih dilestarikan atau kembali dihidupkan, antara lain lewat berbagai festival budaya yang kini banyak di temui di berbagai daerah Indonesia. (4) Seperti halnya untuk mengembalikan budaya seni ukir Asmat yang unik, pada 1982 mulai diselenggarakan lomba mengukir oleh Keuskupan Agats, Asmat. (5) Akhirnya, lomba ini berkembang menjadi Pesta Budaya Asmat yang digelar tiap tahun sebagai bentuk kerja sama pemerintah daerah dengan Keuskupan Agats.

 


 

Aku Anak Mandiri

 

Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.

Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.

Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.


 

GEDUNG SATE

Gedung Sate adalah sebuah bangunan bersejarah yang ada di pusat kota Bandung. Disebut sebagai Gedung Sate karena gedung ini mempunyai ciri khas yang unik, yaitu ornamen 6 tusuk sate yang ada di atas menara sentral. 6 tusuk sate ini melambangkan 6 juta Gulden yang dipakai untuk membangun gedung berwarna putih ini pada masanya. Gedung ini sangat terkenal tidak hanya di kota Bandung saja, melainkan juga sudah terkenal di Jawa Barat dan Indonesia.

 

Tidak hanya bangunannya saja yang sangat disukai, namun juga unsur pelengkap bangunan tersebut berupa taman yang sangat terawat dengan baik. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto-foto, baik berfoto biasa untuk kenang-kenangan maupun foto untuk pengantin dan pengambilan gambar untuk film. Setiap hari Minggu, selain ramai dengan kegiatan wisata, kawasan taman ini juga ramai dikunjungi orang yang ingin bersantai dan berolahraga ringan.


 

KEMAMPUAN ADAPTASI HEWAN

 

Bunglon merupakan hewan unik yang memiliki kemampuan mimikri. Mimikri adalah kemampuan hewan untuk memakai bagian tubuhnya atau warna kulitnya agar dapat menyerupai sesuatu, bisa saja hewan lainnya, benda, perilaku atau bahkan suara. Mimikri tidak berarti hewan mengubah tubuhnya tetapi hanya menyesuaikan tubuhnya sesuai lingkungan atau hewan lain. Umumnya hewan-hewan yang memiliki kemampuan ini memilih tempat tinggal yang sesuai dengan bentuk atau warna tubuhnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk berburu atau berlindung.

Salah satu hewan yang juga memiliki kemampuan khusus adalah cecak. Ciri khusus hewan cicak yang sangat identik adalah memiliki telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat pada cicak ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur paralel. Alur yang dimiliki pada kaki cicak ini memungkinkan cicak untuk menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset. Selain itu, kemampuan cecak yang unik adalah kemampuan autotomi. Kemampuan autotomi adalah kemampuan untuk memutuskan bagian tubuh, khususnya ekor pada cecak, untuk mengelabui musuhnya.

Belalang sembah juga merupakan hewan unik yang mampu berkamuflase. Kamuflase adalah tingkah laku hewan yang mencari tempat yang sama warnanya dengan warna tubuh hewan tersebut. Hal ini bertujuan agar ia tidak terlihat oleh musuhnya. Dengan berada di tempat yang warnanya sama, hewan tersebut berharap musuh akan sulit menemukannya. Selain ada hewan yang mempunyai warna tubuh yang sudah mirip dengan lingkungannya, ada juga hewan yang benar-benar bisa mengubah warna atau bentuk tubuhnya.


 

ALAT TRANSPORTASI TRADISIONAL

 

Delman merupakan salah satu transportasi tradisional yang sudah ada sejak dulu. Delman umumnya diekndarai oleh pak kusir dengan kendaraan beroda dua dan ditarik oleh seekor kuda. Dahulu delman digunakan untuk mengangkut penumpang. Namun sekarang ini, delman hanya ada di beberapa daerah tertentu saja, misalnya Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang, dan lainnya. Sedangkan di kota lainnya, delman hanya digunakan untuk trasnportasi hanya dijadikan kendaraan wisata.

Selain delman, alat transportasi tradisional lainnya yang masih eksis adalah becak. Transportasi yang satu ini masih eksis hingga sekarang di beberapa daerah di Indonesia. Becak merupakan transportasi tradisional roda tiga. Cara kerja trasnportasi ini adalah dengan menggunakan tenaga manusia, yaitu dikayuh oleh supirnya, kemudian penumpang berada di bagian depan. Seiring dengan berkembangnya zaman, becak juga semakin inovatif. Dimana sekarang ini, becak sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Melainkan digerakkan menggunakan sepeda motor. Tak hanya di Indonesia, becak juga mudah ditemui di negara lain seperti India, Vietnam, dan juga Malaysia.

Bajaj adalah transportasi umum yang menggunakan mesin sebagai penggeraknya. Moda trasnportasi ini memiliki ciri khas yaitu beroda tiga dan memiliki bunyi yang cukup berisik. Di Kota Jakarta, bajaj masih diizinkan beroprasi, namun hanya di beberapa daerah saja.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1