Jumat, 17 April 2020

TINDAK TUTUR DAN JENIS-JENISNYA| REPRESENTATIF, DIREKTIF, EKSPRESIF, KOMISIF DAN DEKLARATIF

TINDAK TUTUR DAN JENIS-JENISNYA|  REPRESENTATIF, DIREKTIF, EKSPRESIF, KOMISIF DAN DEKLARATIF - Pada postingan sebelumnya sudah saya bagikan tentang apa yang dimaksud dengan tindak tutur menurut para ahlinya (bukan pendapat saya loh… itu yang ahli punya so… gak usah ragu), dan juga beberapa jenis tindak tutur berdasarkan Austin 1962) dalam How to do Things with Words. Nah… sekarang saya ingin membagikan jenis tindak tutur tutur yang dikembangkan oleh Searle (1975). Searle (1975) mengembangkan teori Tindak Tutur dan membaginya menjadi lima jenis Tindak Tutur  (dalam Ibrahim, 1993: 11-54). Kelima Tindak Tutur itu sebagai berikut:


  1. Tindak Tutur representatif yaitu Tindak Tutur yang mengikat P-nya kepada kebenaran atas apa yang dikatakannya, misalnya menyatakan, melaporkan, menunjukkan, dan menyebutkan.
  2. Tindak Tutur direktif yaitu Tindak Tutur yang dilakukan P-nya dengan maksud agar si pendengar atau MT melakukan tindakan yang disebutkan di dalam ujaran itu, misalnya menyuruh, memohon, menuntut, menyarankan, dan menantang.
  3. Tindak Tutur ekspresif ialah Tindak Tutur yang dilakukan dengan maksud agar ujarannya diartikan sebagai evaluasi mengenai hal yang disebutkan di dalam ujaran itu, misalnya memuji, mengucapkan terima kasih, mengritik, dan mengeluh.
  4. tindakTutur komisif adalah Tindak Tutur yang mengikat P-nya untuk melaksanakan apa yang disebutkan di dalam ujarannya, misalnya berjanji dan bersumpah.
  5. Tindak Tutur deklaratif merupakan Tindak Tutur yang dilakukan P dengan maksud untuk menciptakan hal (status, keadaan, dan sebagainya) yang baru, misalnya memutuskan, membatalkan, melarang, mengizinkan, dan memberi maaf.
Demikianlah artikel kami tentang TINDAK TUTUR DAN JENIS-JENISNYA|  REPRESENTATIF, DIREKTIF, EKSPRESIF, KOMISIF DAN DEKLARATIF, semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1