Jumat, 17 April 2020

Perbedaan Hakikat PENGAJARAN DAN PENDIDIKAN

Perbedaan Hakikat PENGAJARAN DAN PENDIDIKANTerkadang orang salah mengartikan bahwa pengajaran juga adalah pendidikan, banyak dari masyarakat umum menganggap bahwa keduanya sama saja, padahal sudah jelas keduanya memiliki perbedaan yang jauh, sama halnya perbedaan antara mengajar dan mendidik.

Kali ini, untuk menjawab kesalahpahaman diatas, saya mencoba mencari referensi dari berbagai sumber tentang perbedaan dari keduanya dan inilah rangkuman perbedaan Pengajaran (Instruction) dan Pendidikan (Education).

Pengajaran lebih menekankan pada penguasaan wawasan dan pengetahuan tentang bidang atau program tertentu seperti pertanian, kesehatan, enginering dan lain-lain sedangkan Pendidikan lebih menekankan pada pembentukan manusia atau penanaman sikap dan nilai-nilai kehidupan dan budi pekerti luhur.
Pengajaran hanya memakan waktu yang relatif pendek untuk suatu tujuan tertentu sedangkan Pendidikan memakan waktu yang relatif panjang.

Metode Pengajaran lebih bersifat rasional, teknik, dan praktis. Semuanya dibuat mudah dipahami, terstruktur dan praktis dalam pengaplikasiannya, sedangkan METODE Pendidikan lebih bersifat psikologis dan pendekatan yang manusiawi.


Pada dasarnya Pengajaran dan Pendidikan dapat dibedakan namun dalam pengaplikasinnya sulit untuk dipisahkan. Jika keduanya berjalan sejalan dengan baik maka diapastikan output yang dikeluarkan mampu bersaing dalam dunia yang lebih luas. Misalnya:

Guru mengajar siswa menyusun jadwal belajar di rumah.

Dalam konteks diatas, Pengajaran dan Pendidikan berjalan seiring. Hasil pengajarannya adalah siswa mampu membuat jadwal belajar di rumah dan hasil Pendidikannya adalah siswa mulai bisa mengatur jadwal belajarnya sehingga akan terbawa hingga besar untuk mematuhi aturan-aturan dan komitmen yang telah dibuatnya atau yang diberikan padanya.

Intinya, pengajaran dan pendidikan itu berbeda namun tidak bisa dipisahkan dalam pengaplikasiannya. Semoga demikian. 

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1