Kamis, 04 November 2021

TUGAS 2 STRATEGI PEMBELAJARAN DI SD | SOAL & JAWABAN TUGAS UT

Mata Kuliah : Strategi Pembelajaran di SD
TUGAS KE-2

Kerjakan soal-soal di bawah ini!
1. Sebutkan prinsip-prinsip dalam pembelajaran klasikal!
2. Sebutkan faktor perkembangan kemampuan siswa!
3. Sebutkan aspek yang terdapat dalam materi pembelajaran!
4. Sebutkan manfaat media pembelajaran!
5. Sebutkan faktor pemilihan media pembelajaran yang tepat!
Jawaban:
1. Prinsip-prinsip dalam pembelajaran klasikal, yaitu:
  • Sistematis: dalam pembelajaran klasikal, bahan pelajaran harus disajikan secara berurutan dan selalu berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan. Sajian bahan pelajaran dapat disampaikan mulai dari yang mudah sampai pada yang sukar, atau dari yang sifatnya konkret ksampai pada yang abstrak.
  • Perhatian dan aktivitas: prinsip ini menuntut bahwa dalam pembelajaran klasikal, guru harus selalu memberikan perhatian terhadap aktivitas siswa secara menyeluruh dalam kelas. Di samping itu, guru harus mampu membangkitkan perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Perhatian dan motivasi dalam pembelajaran klasikal sangat memegang peranan penting karena dapat memengaruhi motivasi belajar siswa.
  • Media Pembelajaran: penggunaan media pembelajaran dapat mengoptimalkan efektivitas pembelajaran klasikal. Selain itu, salah satu keunggulan penggunaan media pembelajaran adalah dapat mengurangi verbalisme siswa terhadap informasi yang diberikan oleh guru.
  • Latihan dan penugasan: untuk memantapkan dan memperkuat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, guru prtlu memberikan latihan-latihan atau penugasan, tetapi hendaknya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kemampuan siswa.
2. Faktor-faktor perkembangan kemampuan siswa, antara lain:
  • Faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri siswa itu sendiri yang meliputi pembawaan dan potensi psikologis tertentu yang turut mengembangkan dirinya sendiri. Faktor internal bisa dibagi menjadi 2 macam yaitu :
    • Faktor Fisiologis: Faktor fisiologis adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu, baik karena perbedaan postur tubuh (tonus jasmani), maupun karena penyakit (fungsi jasmani). 
    • Faktor Psikologis: Dalam hal kejiwaan, kapasitas Mental, Emosi, dan Intelegensi setiap orang itu berbeda. Kemampuan berpikir mempengaruhi banyak hal, seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, dan berbahasa. Anak yang berkemampuan intelektual tinggi akan berkemampuan berbahasa secara baik. Oleh karena itu kemampuan intelektual tinggi, kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang sangat menentukan keberhasilan dan kecerdasan dalam perkembangan sosial  anak.
  • Faktor Eksternal, yaitu hal – hal yang datang atau ada diluar diri siswa/peserta didik yang meliputi lingkungan (khususnya pendidikan) dan pengalaman berinteraksi siswa tersebut dengan lingkungan. Macam-macam faktor eksternal yaitu :
    • Faktor Biologis: Bisa diartikan, biologis dalam konteks ini adalah faktor yang berkaitan dengan keperluan primer seorang anak pada awal kehidupannya dari pihak ayah dan ibu kandung.
    • Faktor Physis: Maksudnya adalah pengaruh yang datang dari lingkungan geografis, seperti iklim keadaan alam, tingkat kesuburan tanah, jalur komunikasi dengan daerah lain, dsb.
    • Faktor Ekonomis/Status Sosial Ekonomi: Dalam proses perkembangannya, seorang anak pasti memerlukan biaya. Bukan hanya biaya untuk makan dan minum di rumah, tetapi juga untuk membeli peralatan sekolah yang dibutuhkan oleh siswa. Kehidupan sosial banyak dipengaruhi oleh kondisi atau status kehidupan sosial keluarga dalam lingkungan masyarakat. 
    • Faktor Cultural: Di Indonesia ini, jika dihitung ada berpuluh bahkan beratus kelompok masyarakat yang masing – masing mempunyai kultur, budaya, adat istiadat, dan tradisi tersendiri, dan hal ini jelas berpengaruh terhadap perkembangan anak – anak.
    • Faktor Religious: Proses terbentunya prilaku seorang anak dengan agama yang diyakini sebagai faktor penting yang mempengaruhinya karena pondasi agama merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dan berperan penting sebagai media kontrol dalam perkembangan peserta didik.
3. Aspek-aspek yang terdapat dalam materi pembelajaran terdiri atas:
  • Aspek Konsep (concept), merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan dengan pengertian, atribut, karakteristik, label atau ide dan gagasan tertentu. Artinya guru akan memilih metode mana yang dianggap sesuai jika akan mengajar tentang konsep, begitu juga dengan aspek lainnya.
  • Aspek fakta (fact), merupakan substansi isi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu.
  • Aspek Prinsip (principle), merupakan sibstansi isi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh.
  • Aspek Proses (process), merupakan substansi materi pelajaran yang berhubungan dengan rangkaian kegiatan, peristiwa atau tindakan.
  • Aspek nilai (value), merupakan substansi materi pelajaran yang berhubungan dengan aspek perilaku yang baik dan buruk, yang benar dan salah, yang bermanfaat dan tidak bermanfaat bagi banyak orang.
  • Aspek keterampilan intelektual (intellectual skills), merupakan substansi materi pelajaran yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan menyelesaikan persoalan atau permasalahan, serta berpikir sistematis, logis, taktis, kritis, inovatif, dan ilmiah.
  • Aspek keterampilan psikomotor (psychomotor skills), merupakan substansi materi pelajaran yang berhubungan dengan pembentukan kemampuan fisik.

 

4. Manfaat media pembelajaran antara lain:
  • Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak. Konsep-konsep yang dirasa masih bersifat abstrak dan sulit dijelaskan secara verbal langsung kepada siswa bisa dikonkretkan atau disederhanakan melalui pemanfaatan media pembelajaran, misalnya tentang arus listrik dalam rangkaian listrik sederhana.
  • Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar, misalnya menghadirkan serial gambar atau tayangan video tentang jenis-jenis binatang buas berdasarkan habitat, cara mendapatkan makanan dan jenis makanannya.
  • Menampilkan objek yang terlalu bersar atau kecil. Misalnya menggunakan miniatur kapal, pesawat, dan mobil untuk menjelaskan moda transportasi, dan gambar semut serta virus untuk menjelaskan tentang objek0objek yang kecil.
  • Memperlihatkan Gerakan yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Dengan menggunakan teknik Gerakan lambat (slow motion) dalam media film bisa memperlihatkan tentang lintasan peluru, melesatnya anak panah, atau ledakan. Demikian juga dengan metode cepat (time lapse) untuk melihat proses pertumbuhan kecambah atau proses mekarnya bunga.
Selain itu, manfaat-manfaat lainnya yang didapat apabila menggunakan media pembelajaran adalah:
    • Memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan lingkungannya.
    • Memungkinkan adanya keseragaman pengamatan atau persepsi belajar pada masing-masing siswa.
    • Membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa.
    • Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan.
    • Menyajikan pesan atau informasi belajar secara serempak bagi seluruh siswa.
    • Mengatasi keterbatasan waktu dan ruang.
    • Mengontrol arah dan kecepatan belajar siswa.
5. Kegiatan pemilihan media pembelajaran merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseluruhan proses penggunaan media pembelajaran. Untuk itu, dalam memilih media pembelajaran, hendaknya memerhatikan faktor-faktor pemilihan media pembelajaran yang tepat yang didasarkan pada:
  • Tujuan pemilihan media pembelajaran: Memilih media pembelajaran yang akan digunakan harus berdasarkan maksud dan tujuan pemilihan yang jelas, baik sebagai pendukung kegiatan belajar yang bersifat individual atau klasikal, ataukah untuk pemberian infomasi yang sifatnya umum atau hiburan saja.  Tujuan pemilihan ini sangat berkaitan dengan kemampuan guru dalam menguasai berbagai jenis media pembelajaran beserta karakteristiknya.
  • Karakteristik media pembelajaran: Setiap media pembelajaran memiliki karakteristik tertentu, baik dilihat dari segi keandalannya, cara pembuatannya, maupun cara penggunaannya. Pemahaman terhadap karakteristik berbagai media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang perlu guru miliki dalam kaitannya dengan pemilihan media pembelajaran ini. 
  • Alternatif media pembelajaran yang dapat dipilih: Memilih media pada dasarnya merupakan proses mengambil atau menentukan keputusan dari berbagai pilihan (alternatif) yang ada. Namun, alternatif pemilihan media hendaknya memerhatikan rencana pembelajaran yang telah disusun (RPP), sasaran belajar, tingkat keterbacaan media (reliability), situasi dan kondisi serta objektivitas.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1