RPP KELAS V SD KURIKULUM 2013 TEMA 1, CONTOH RENCANA PELAKSANAAN EMBELAJARAN KELAS 5 K13 - Memasuki tahun ajaran 2014/2015, semua sekolah di seluruh Indonesia diwajibkan untuk menggunakan Kurikulum 2013 untuk jenjang kelas 1, 2, 4 dan 5 sedangkan untuk kelas 3 dan 6 masih menggunakan kurikulum 2006. Salah satu kesulitan dari Kur13 atau k13 adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Nah dalam kesempatan ini, saya akan memberikan salah satu contoh RPP yang telah saya buat. Semoga bermanfaat yaa (Di akhir postingan ini ada LINK menuju lokasi DOwnload RPP ini dalam format sebenarnya, dikarenakan sulit memasukkan word ke dalam postingan blogger)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD KATOLIK ST. FRANSISKUS XAVERIUS
Kelas / Semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Tema/Subtema/PB : Benda-benda di Lingkungan Sekitar / Wujud Benda dan Cirinya / 4
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
IPS
3.1 Memahami aktivitas danperubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
3.1.1 Mengenal aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber- sumber yang tersedia
4.1.1 Menyusun laporan secara tertulis tentang mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar- ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional
PPKn
3.6 Memahami perlunya salingmemenuhi keperluan hidup
3.6.1 Mengidentifikasi kebutuhan hidup bertetangga
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antardaerah untuk menumbuhkan kebutuhan nasional
4.6.1 Mendaftar asal daerah dari barang-barang yang digunakannya sehari -hari di rumah
MATEMATIKA
3.2 Memahami berbagai bentukpecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.2.1 Mengenal operasi perkalian berbagai bentuk pecahan
4.8 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagaikemungkinan jawaban
4.8.1 Melakukan operasi perkalian berbagai bentuk pecahan
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari tekslaporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menuliskan contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan
4.1.2 Melakukan pembiasaan cara menghemat air
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan kegiatan mengamati gambar orang membuang sampah ke laut / sungai, siswa dapat menemukan contoh perilaku manusia yang dapat memengaruhi alam dan mencemari lingkungan dengan teliti.
2. .................
D. MATERI PEMBELAJARAN
IPS : Aktivitas kehidupan Manusia dan Perubahannya terhadap Alam
PPKn : Kebutuhan-Kebutuhan dalam Hidup Bertetangga
Matematika : Perkalian Pecahan
Bahasa Indonesia : Teks “Dampak Negatif Penggunaan Pestisida”
E. METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab
Model : Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
Pendekatan : Scientific Approach / Pendekatan Saintifik
: Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Eksperimen, Mengolah Informasi dan Mengkomunikasikan
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Gambar
2. Alat :
3. Sumber Belajar :
Maryanto, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas V Tema 1 “Benda-benda di Lingkungan Sekitar” Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
AWAL
1. Siswa dan guru saling memberi salam
2. Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
3. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa apa yang telah mereka pelajari pada pembelajaran 1 dan mengaitkannya dengan pembelajaran 4
4. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari, serta menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
2. Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
3. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa apa yang telah mereka pelajari pada pembelajaran 1 dan mengaitkannya dengan pembelajaran 4
4. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
5. Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari, serta menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
INTI
1. Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku manusia yang tidak selaras dengan lingkungan (Mengamati)
2. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang gambar tersebut (Mengamati, Menalar)
3. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil pengamatan (Mengkomunikasikan)
4. Guru melakukan penilaian menggunakan rubric pengamatan gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5. Siswa diajak membaca dan mencermati bacaan “Dampak Negatif Penggunaan Pestisida” (Mengamati, Mencoba)
6. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil pengamatan (Mengkomunikasikan)
7. Dengan diskusi dan studi pustaka tentang Pemakaian beda atau zat dan perilaku atau kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam, siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam tabel (Mengamati, Menanya, Menalar, Mengkomunikasikan)
8. Siswa membentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang dan berdiskusi untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan masyarat sekitar tempat tinggal mereka yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan. siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam tabel (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
9. Siswa membentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang dan berdiskusi mengenai perubahan-perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu. Siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam table. (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
10. Siswa bekerja berpasangan (work in pair) dan berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan dalam hidup bertetangga. Siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam table. (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
11. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang Perkalian Pecahan Desimal, siswa menyimak dengan seksama. (Mengamati, Menanya)
12. Siswa mengerjakan secara individu soal perkalian pecahan decimal. (Mencoba).
13. Guru melakukan penilaian berdasarkan rubric penilaian perkalian pecahan desimal.
1. Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku manusia yang tidak selaras dengan lingkungan (Mengamati)
2. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang gambar tersebut (Mengamati, Menalar)
3. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil pengamatan (Mengkomunikasikan)
4. Guru melakukan penilaian menggunakan rubric pengamatan gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5. Siswa diajak membaca dan mencermati bacaan “Dampak Negatif Penggunaan Pestisida” (Mengamati, Mencoba)
6. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil pengamatan (Mengkomunikasikan)
7. Dengan diskusi dan studi pustaka tentang Pemakaian beda atau zat dan perilaku atau kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam, siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam tabel (Mengamati, Menanya, Menalar, Mengkomunikasikan)
8. Siswa membentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang dan berdiskusi untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan masyarat sekitar tempat tinggal mereka yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan. siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam tabel (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
9. Siswa membentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang dan berdiskusi mengenai perubahan-perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu. Siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam table. (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
10. Siswa bekerja berpasangan (work in pair) dan berdiskusi tentang kebutuhan-kebutuhan dalam hidup bertetangga. Siswa menuliskan hasil diskusi dan pengamatannya ke dalam table. (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, Mengkomunikasikan)
11. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang Perkalian Pecahan Desimal, siswa menyimak dengan seksama. (Mengamati, Menanya)
12. Siswa mengerjakan secara individu soal perkalian pecahan decimal. (Mencoba).
13. Guru melakukan penilaian berdasarkan rubric penilaian perkalian pecahan desimal.
PENUTUP
1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang kebutuhan hidup bertetangga, informasi tentang penggunaan pestisida, perubahan pada perilaku manusia dan operasi perkalian pecahan decimal.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3. Menutup proses pembelajaran dengan doa dan salam
H. PENILAIAN
1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang kebutuhan hidup bertetangga, informasi tentang penggunaan pestisida, perubahan pada perilaku manusia dan operasi perkalian pecahan decimal.
2. Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3. Menutup proses pembelajaran dengan doa dan salam
H. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Rasa Ingin Tahu, Percaya Diri, Peduli terhadap Lingkungan sekitar
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Tes Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Pengetahuan
Untuk lebih jelasnya silahkan Download DI SINI
Sebelum itu, download juga Format Penilaian Antar Teman DI SINI
a. Penilaian Sikap : Rasa Ingin Tahu, Percaya Diri, Peduli terhadap Lingkungan sekitar
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Tes Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian Pengetahuan
Untuk lebih jelasnya silahkan Download DI SINI
Sebelum itu, download juga Format Penilaian Antar Teman DI SINI
0 komentar :
Posting Komentar