Sabtu, 02 Mei 2020

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 VI Tema 9 Subtema 1, 2, 3 Revisi 2018

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 VI Tema 9 Subtema 1, 2, 3 Revisi 2018 | Saat ini, dengan keputusan Menteri Pendidikan yang baru, maka sejak Tahun ajaran 2020 (semester 2 Tahun ajaran 2019/2020) RPP atau yang biasa disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diubah formatnya menjadi format RPP 1 lembar.

Sebelumnya, RPP yang dibuat oleh guru biasanya bisa sampai berlembar-lembar, bahkan puluhan lembar. Hal ini terjadi karena format RPP sebelumnya diharuskan memasukkan semua elemen dalam pembelajaran dimulai dari Satuan Pembelajaran atau sekolah / instansi pendidikan, mata pelajaran, alokasi waktu, Standar Kompetensi/Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Media, metode, langkah-langkah yang didalamnya berisi kegiatan awal, kegiatan inti mengandung 5M serta EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi), kegiatan penutup, sumber belajar, metode penilaian dan evaluasi, lampiran penilaian sikap, rubrik dan materi ajar.

Nah, di RPP 1 lembar ini, yang dimuat hanyalah Tujuan Pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran singkat, dan penilaian atau asesmen. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik. Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

Yang kedua adalah Langkah-langkah Pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar. Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

Yang ketiga adalah Penilaian Pembelajaran (Assesment). Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya. Sedangkan yang menggunakan format RPP 1 lembar tetap memperhatikan pembelajaran yang efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik. 

Nah, berikut ini adalah format RPP 1 Lembar Kelas 6 VI Tema 9 Subtema 1, 2, 3 Revisi 2018 Tematik.

RPP Kelas 6 Tema 9 Subtema 1
  1. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 1 
  2. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 2
  3. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3
  4. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4
  5. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 5
  6. RPP Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

RPP Kelas 6 Tema 9 Subtema 2
  1. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 1
  2. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 2
  3. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3
  4. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 4
  5. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 5
  6. RPP Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6

RPP Kelas 6 Tema 9 Subtema 3

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1