Rabu, 06 Mei 2020

ENERGI, JENIS-JENIS ENERGI, SIFAT-SIFAT ENERGI DAN PERUBAHANNYA SERTA PEMANFAATAN ENERGI

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang energi. Silahkan baca DI SINI.  

ENERGI, JENIS-JENIS ENERGI DAN PERUBAHANNYA SERTA PEMANFAATAN ENERGI

A. JENIS-JENIS ENERGI
Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi. Pemanfaatan energi pun terus dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya lewat pembangkit listrik dengan berbagai jenis tenaga. Terdapat berbagai macam energi yang ada di sekitar kita misalnya energi gerak, energi otot, energi panas, dan energi bunyi serta berbagai macam jenis energi lainnya yang akan dipaparkan sebagai berikut:

1. Energi Otot

Energi otot merupakan jenis energi yang berasal dari otot dalam tubuh manusia atau makhluk hidup lain seperti hewan. Manusia dan hewan bisa menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena memiliki energi otot ini. Contoh energi otot misalnya saat kita mengangkat beban atau berlari-lari menggerakkan kaki kita.

2. Energi Kalor (Panas)
Energi kalor atau energi panas merupakan jenis energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan wujud zat tertentu. Energi kalor ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk bentuk energi lainnya. Contoh energi kalor misalnya saat memanaskan air dengan api, suhu dari api akan berpindah ke air sehingga membuat air mendidih.

3. Energi Kinetik (Gerak)
Energi kinetik atau energi gerak adalah jenis energi yang ada dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Semakin besar kecepatan benda bergerak, maka semakin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan. Contoh energi kinetik misalnya saat bola menggelinding, kendaraan yang bergerak, air yang mengalir di sungai, dan sebagainya.

4. Energi Potensial (Diakibatkan oleh Gaya Gravitasi Bumi)
Energi potensial adalah jenis energi yang dimiliki oleh suatu benda dikarenakan posisinya atau kedudukannya terhadap suatu acuan.  Pada dasarnya, semua benda di atas permukaan bumi memiliki energi potensial yang diakibatkan gaya gravitasi bumi. 


Gravitasi adalah suatu gaya magnet atau bisa disebut gaya tarik yang berasal dari inti bumi. Gaya gravitasi ada dari massa suatu objek, dan selalu menarik objek yang juga memiliki massa atau berat. Gaya gravitasi juga memberi berat atau massa pada semua benda dan makhluk hidup. Sangat banyak contoh gravitasi seperti buah-buahan yang jatuh dari pohonnya, orang yang terjun payung, dan benda yang dilempar ke atas akan tetap jatuh ke tanah. Semua itu terjadi karena adanya gaya tarik bumi tersebut. 


5. Energi Bunyi
Energi bunyi merupakan bentuk energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Bunyi kemudian merambat melalui perantara udara. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut menimbulkan getaran bunyi. Benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Contoh energi bunyi misalnya lonceng yang berbunyi, petir yang menggelegar, kemudian juga pada alat musik seperti drum, trumpet, gitar, piano senar, organ, orgel, maracas, biola, dan sebagaunya.



6. Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan jenis energi yang diperoleh dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. Bentuk energi cahaya terbesar tentunya berasal dari cahaya matahari, yang bisa diubah menjadi energi listrik melalui sel surya. Contoh energi cahaya misalnya pada cahaya matahari, juga benda lain yang bisa menghasilkan cahaya seperti lilin, lampu pijar, dan sebagainya.

7. Energi Listrik
Energi listrik adalah jenis energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik digunakan untuk menggunakan alat-alat elektronik rumah tangga. Contoh energi listrik digunakan untuk penerangan untuk menyalakan lampu, juga digunakan untuk alat elektronik lain seperti kulkas, TV atau mesin cuci.



8. Energi Kimia
Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan oleh suatu zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk diubah menjadi energi tertentu. Makanan yang sering kita makan juga mengandung unsur kimia di dalamnya. Contoh energi kimia misalnya senter bisa menyala karena reaksi kimia pada baterai, atau reaksi pada aki kendaraan.

9. Energi Nuklir
Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain. Energi yang dihasilkan reaksi nuklir sangatlah besar sehingga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Contoh energi nuklir misalnya bisa dilihat pada reaktor-reaktor nuklir atau pada kasus bom atom.

10. Energi Pegas
Energi pegas adalah jenis energi yang ada pada semua benda yang lentur atau elastis. Saat kita memberikan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dilepaskan makan energinya berubah menjadi energi kinetik. Contoh energi pegas misalnya dapat ditemukan pada benda-benda lentur dan elastis seperti trampolin, ketapel, busur, per, dan sebagainya.

11. Energi Mekanik
Energi mekanik adalah jenis energi yang dimiliki oleh benda dikarenakan sifat geraknya. Jenis energi ini terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Besarnya energi mekanik merupakan penjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial. Contoh energi mekanik misalnya saat kaki kita terasa sakit ketika kejatuhan buah dari pohon.

B. PEMANFAATAN ENERGI
Energi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya energi, manusia maupun makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan suatu hal, sebab energi menjadi sumber utama bagi manusia dan makhluk lainnya untuk melakukan suatu hal. Berikut beberapa manfaat energi bagi manusia :

  1. Energi Digunakan Untuk Aktivitas Kehidupan: Dalam kehidupan, tentunya kita memerlukan sebuah energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Energi yang kita dapatkan bersumber dari sumber-sumber energi yang ada pada artikel sebelumnya. Bisa baca DI SINI
  2. Energi digunakan sebagai hiburan: Beberapa energi juga dapat dimanfaatkan sebagai hiburan bagi manusia. Contohnya energi listrik yang kemudian berubah menjadi energi suara maupun gambar pada radio. Ada pula yang digunakan untuk menggerakkan benda seperti mixer dan blender.
  3. Energi digunakan sebagai alat transportasi: Berbagai alat transportasi sangat membutuhkan energi untuk dapat bergerak. Seperti halnya pada mobil maupun motor yang mengubah minyak menjadi energi panas yang akhirnya berubah menjadi energi mekanik sehingga mesin dapat berjalan.
C. SIFAT-SIFAT ENERGI

BERIKUT ini adalah beberapa sifat energi :


  1. Energi dapat bertransformasi: Energi dapat bertransformasi, artinya energi dapat berubah dari suatu benda menjadi benda lainnya. Contohnya ketika energi panas yang dapat diubah menjadi energi mekanik atau energi listrik dapat diubah menjadi energi cahaya seperti Televisi.
  2. Energi dapat berpindah: Energi dapat berpindah, artinya energi bersifat mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau berpindah dari satu benda ke benda lainnya. Contohnya adalah energi panas. Energi panas dapat berpindah dengan tiga cara yaitu konveksi, konduksi dan radiasi yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.
  3. Energi dapat mentransfer: Energi dapat mentransfer, artinya energi dapat mentransfer energinya dari suatu benda melalui perantara sehingga dapat menjangkau ke benda lainnya.
  4. Energi bersifat kekal: Energi bersifat kekal, artinya energi tidak akan habis walaupun dimakan usia. Di mana energi akan selalu ada dan akan selalu muncul serta sangat dibutuhkan untuk kehidupan manusia.

D. PERUBAHAN ENERGI

Energi memiliki berbagai macam reaksi yang dapat merubah sebuah benda ataupun aktivitas. Berikut beberapa perubahan bentuk dari energi :

  1. Energi listrik menjadi energi gerak: misalnya kipas angin, mobil, motor, mixer, blender dll.
  2. Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi: misalnya radio, televisi, speaker, dll.
  3. Energi listrik menjadi energi panas: misalnya microwave, kompor listrik, solder, setrika, dll.
  4. Energi listrik menjadi energi cahaya: misalnya lampu, televisi dll.
  5. Energi potensial menjadi energi gerak: Contohnya pada saat buah terjatuh dari pohonnya, maka buah tersebut akan bergerak tak terhingga dan tak terarah.
  6. Energi Gerak menjadi energi listrik: Generator pada turbin PLTA dan PLT Angin.
Dan masih banyak lagi contoh-contoh perubahan energi. Pada kenyataannya dalam kehidupan kita sehari-hari terdapat berbagai macam alat-alat yang memanfaatkan berbagai macam sumber energi titik artinya alat tersebut dapat bekerja karena melalui beberapa kali perubahan energi sebagai contohnya adalah: 
  1. televisi, untuk menyalakan televisi perubahan energi dimulai dari energi listrik menjadi energi cahaya dan energi bunyi.
  2. senter charge, Untuk menggunakan senter charge dimulai dari energi listrik menjadi energi kimia lalu menghasilkan energi listrik kemudian menjadi energi cahaya
  3. senter  biasa  Yang menggunakan baterai perubahan energinya adalah dari energi kimia yang ada pada baterai menghasilkan energi listrik yang kemudian menjadi energi cahaya.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1