Sabtu, 23 Mei 2020

Penilaian dengan Instrumen, Contoh Kasus: Kriteria Penilaian dan Pembagian Kelompok Skor

Penilaian dengan Instrumen, Contoh Kasus | Dari respon sikap seorang siswa SMA dalam mempelajari Geografi dari hasil penilaian instrument diperoleh data sbb:


Indikator
Skor
Saya senang belajar geografi
5
4
3
2
1
Saya senang mengerjakan PR Geografi
5
4
3
2
1
Saya senang berdiskusi masalah Geografi
5
4
3
2
1
Saya sering bertanya kepada guru tentang Geografi
5
4
3
2
1
Saya memiliki banyak buku Geografi
5
4
3
2
1

Jika sikap tersebut dikelompokkan menjadi tiga yaitu senang, biasa saja, dan tidak senang, maka tentukanlah:

a. Kriteria penilaiannya
b. Siswa tersebut tergolong sikap yang mana

Jawaban:

Penilaian dengan Instrumen, Contoh Kasus: Kriteria Penilaian dan Pembagian Kelompok Skor

a. Kriteria penilaian dan Golongan sikap siswa

# Kriteria Penilaian:

Skor minimal dan maksimal, yaitu:
Skor minimal = banyak indikator x skor terkecil
= 5 x 1 = 5
Skor maksimal = banyak indicator x skor terbesar
= 5 x 5 = 25

#Pembagian kelompok skor, yaitu:

Kuartil bawah = ¼ x 25 ≈ 6
Yakni 5, 6, 7, 8, 9, 10
Kuartil atas  = ¼ x 25 ≈6
Yakni 20, 21, 22, 23, 24, 25
Kuartil tengah, sisanya. Yakni 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19

SKOR AKHIR
KUARTIL
DESKRIPSI
5-10
Bawah
Kelompok siswa yang Tidak senang dengan pelajaran Geografi
11-19
Tengah
Kelompok siswa yang merasa Biasa saja dengan pelajaran Geografi
20-25
Atas
Kelompok siswa yang Senang dengan pelajaran Geografi

b. Skor perolehan siswa tersebut:

INDIKATOR
SKOR PEROLEHAN
Saya senang belajar geografi
1
Saya senang mengerjakan PR Geografi
4
Saya senang berdiskusi masalah Geografi
2
Saya sering bertanya kepada guru tentang Geografi
3
Saya memiliki banyak buku Geografi
5
JUMLAH SKOR PEROLEHAN
15

Karena siswa tersebut mendapatkan jumlah skor perolehan =15, maka siswa tersebut tergolong dalam kelompok siswa yang merasa Biasa saja dengan pelajaran Geografi.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang Penilaian dengan Instrumen, Contoh Kasus: Kriteria Penilaian dan Pembagian Kelompok Skor, semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1