Wednesday, September 2, 2015

PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN: VEGETATIF ALAMI, BUATAN DAN GENERATIF

PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN: VEGETATIF ALAMI, BUATAN DAN GENERATIF - Dear YBT readers, lama tidak posting artikel, kali ini kami kembali dengan membahas tentang bagaimana cara perkembangbiakan tumbuhan. Tumbuhan, sebagai salah satu mahkluk hidup, memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Tumbuhan dapat berkembangbiak secara vegetatif maupun generatif. Perkembangbiakan secara Vegetatif dibagi lagi menjadi dua. yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Mari kita masuk pada penjelasan yg lebih rinci.

A. Perkembangbiakan secara vegetatif alami

Ada 8 (delapan) cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami, yaitu:

1.  Membelah Diri

Salah satu cara tumbuhan berkembangbiak adalah dengan cara membelah diri. Tumbuhan yang membelah diri adalah tumbuhan yang ber sel satu, contohnya ganggang hijau. Tumbuhan ini membelah dirinya, yang berupa sel-sel, menjadi spesies baru.

2. Spora
Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora adalah jenis tanaman paku dan pakis. Jika kita melihat dibagian bawah daun-daun paku atau pakis, terdapat spora yang berwarna coklat, tampak seperti butiran atau bulu halus. Spora terbentuk di dalam kotak spora (sporangium). Apabila kotak spora pecah dan spora jatuh di tempat yang sesuai, maka akan tumbuh menjadi individu baru. Contohnya adalah bunga tanduk rusa (paku) dan pakis merah.

3. Rhizoma atau Akar Tinggal atau Akar Rimpang

Rhizoma atau akar tinggal sesungguhnya merupakan batang yang tumbuh mendatar di bawah permukaan tanah. Rhizoma menyerupai akar tetapi berbuku-buku seperti batang. Pada ujungnya terdapat kuncup, pada setiap buku terdapat daun yang berubah bentuk menjadi sisik, dan pada setiap ketiak sisik terdapat mata tunas. Contohnya pada lengkuas, kunyit, jahe, dan jeriango.

4. Umbi Batang

Contoh yang paling mudah menjelaskan tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang adalah kentang dan ubi rambat/jalar. kalau kita perhatikan, pada bagian umbi terdapat lekukan-lekukan. Nah, dari lekukan inilah nantinya akan tumbuh tunas-tunas baru. Umbi itu sendiri sebenarnya adalah batang tanaman yang masuk ke dalam tanah sebagai tempat menyimpan cadangan makanannya. Umbi kaya akan zat tepung.

5. Geragih / Stolon

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara geragih atau stolon adalah serumpun arbei, pegagan dan semanggi. Berikut contohnya: 

 Ada dua jenis tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara stolon. Ada yang di atas tanah dan di bawah tanah. Yang di atas tanah adalah misalnya arbei, pegagan dan semanggi. Yang di bawah tanah misalnya adalah rumput teki.

6. Tunas

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas contohnya pisang, bambu dan asparagus. Tunas tumbuh di dekat pohon induk yang sudah dewasa atau tua. Tunasnya dapat tumbuh sendiri menjadi tumbuhan baru.

7. Umbi Lapis

Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah sebangsa bawang, yaitu bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga tulip dsb.

8. Tunas Adventif

Berbeda dengan tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas (berasal dari akar atau batang), cocor bebek berkembang biak dengan tunas adventif. Tunas baru atau tanaman baru muncul dari lekukan-lekukan pada tepi-tepi daun cocor bebek. Ada beberapa jenis cocor bebek dan semuanya berkembang biak dengan cara tunas adventif.

Selanjutnya, Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Buatan dan Generatif, silahkan baca artikel tautan berikut:
  1. Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegetatif Buatan
  2. Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

0 comments :

Post a Comment