Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ............
Kelas / Semester : VI (Enam)-A / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 3 :
Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
Fokus Mata Pelajaran :
IPA dan Bahasa Indonesia
Pembelajaran : 1
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Dengan menggunakan model tata surya
yang sudah dibuat dalam bentuk PowerPoint dan video, siswa dapat mengelompokkan
planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.
- Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki
kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan
menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu wajib/nasional, Guru memberikan
penguatan semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Ø Mereview pembelajaran sebelumnya dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan.
Ø Memberikan Apersepsi misalnya “Sebutkan nama-nama planet
sesuai urutan yang paling dekat dengan matahari!” dan “Apa perbedaan teks
fiksi dan nonfiksi?”.
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang
diajarkan
Ø Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi
yang diajarkan
Ø Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan
bimbingan guru
Ø Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
Ø Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan
kelompok
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang akan dipelajari kembali
oleh siswa di rumah bersama orang tua, guru memantau pembelajaran
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui
Kepala.......
..............
|
|
Tarakan, 27 April 2020
Guru Kelas VI-A
...........
|
Alat & Media Pembelajaran yang
digunakan:
- Buku Teks Siswa BUPENA 6D
Tema 9
- PowerPoint tentang Planet
Superior dan Planet Inferior
- Video “Pengelompokan
Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi” pada kanal Youtube AJ MALINO
CHANNEL
- Contoh Teks Fiksi
CITA-CITA UPIN DAN IPIN
“Upin dan Ipin merupakan saudara kembar
dari Malaysia. Upin dan Ipin tinggal bersama Kakak dan Neneknya, karena orang
tua mereka sudah meninggal. Namun Upin dan Ipin tidak pernah merasa kesepian.
Mereka memiliki banyak sahabat yang selalu bermain bersama setiap harinya.
Selain bermain bersama, mereka juga bersekolah di kelas yang sama.
Suatu hari, Upin dan Ipin mendapat tugas
dari sekolahnya. Upin dan Ipin harus harus menggambar apa yang menjadi
cita-cita mereka. Ternyata Upin dan Ipin masih merasa bingung kelak akan
menjadi apa, sehingga mereka pun kesulitan untuk menggambar. Untunglah ada
Nenek yang membantu menjelaskan dan memberi contoh gambar pada Upin dan
Ipin."
(Sumber: https://sekolahnesia.com/contoh-teks-fiksi/, diakses pada tanggal 26 April
2020)
LAMPIRAN
PENILAIAN PROSES DAN HASIL
BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
| ||||||||||||
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
Rubrik Mengamati dan Membaca (Penilaian IPA)
Berilah tanda centang
(√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Memenuhi kriteria
berikut:
-
Mampu menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya.
-
Mampu menjelaskan pengelompokan planet berdasarkan garis
edar bumi.
-
Mampu menyebutkan nama-nama planet dalam kelompok planet
superior dan planet inferior.
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Keterampilan
|
Memenuhi ketiga kriteria
berikut:
-
Mampu memperagakan posisi planet berdasarkan garis edar
bumi.
-
Mampu menunjukkan planet-planet dalam kelompok planet
inferior
-
Mampu menunjukkan planet-planet dalam kelompok planet
superior
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Penilaian
(penskoran) = Total nilai
siswa × 10
Total
nilai maksimal
Rubrik Berlatih
(Penilaian Bahasa Indonesia)
Berilah tanda centang (√) pada
bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Memenuhi kriteria
berikut:
-
Mampu membuat peta
pikiran cerita
pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-
Mampu membuat gagasan
pokok dari peta pikiran
cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-
Mampu membuat paragraf
dari setiap gagasan pokok tentang cerita pengalaman pribadi yang
mirip dengan cerita fiksi.
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Keterampilan
|
Memenuhi ketiga kriteria
berikut:
-
Mampu menuliskan peta
pikiran cerita
pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-
Mampu menuliskan gagasan
pokok dari peta pikiran
cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-
Mampu menuliskan paragraf
dari setiap gagasan pokok tentang cerita pengalaman pribadi yang
mirip dengan cerita fiksi.
-
Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan
efisien.
|
Memenuhi 3 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 2 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Penilaian
(penskoran) = Total
nilai siswa x 10
Total nilai maksimal
Untuk penilaian lisan, Guru dapat
menggunakan alternatif rubrik penilaian Bahasa Indonesia berikut.
ASPEK
|
SKOR
|
|||
5
|
4
|
3
|
2
|
|
Keserasian
isi tuturan terkait perkiraan informasi & kata kunci.
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
Pelafalan
|
SJ
|
J
|
KJ
|
TJ
|
Struktur
Kalimat
|
LJ
|
LTJ
|
TL
|
KL
|
Kepercayaan
diri
|
S
|
C
|
K
|
T
|
Keterangan:
1. Kesesuaian/keterkaitan
perkiraan informasi & kata kunci judul: sangat sesuai (SS), sesuai (S),
kurang sesuai (KS), tidak sesuai (TS)
2. Pelafalan:
sangat jelas (SJ), jelas (J), kurang jelas (KJ), tidak jelas (TJ)
3. Struktur
kalimat: unsur kalimat lengkap & maknanya jelas (LJ); unsur kalimat lengkap
& makna kurang jelas (LTJ); unsur kalimat tidak lengkap & makna kurang
jelas (TL); kata-kata lepas & makna tak jelas (KL);
4. Kepercayaan
diri: sangat PD (S), cukup PD (C), kurang PD (K), tidak PD (T)
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran
0 komentar :
Posting Komentar