Sabtu, 16 Mei 2020

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                 :  SD ............
Kelas / Semester                      :  VI (Enam)-A / 2
Tema 9                                     :  Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 3                              : Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
Fokus Mata Pelajaran            : IPA dan Bahasa Indonesia
Pembelajaran                          :  1

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan menggunakan model tata surya yang sudah dibuat dalam bentuk PowerPoint dan video, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.
  2. Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø  Menyanyikan lagu wajib/nasional, Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Ø  Mereview pembelajaran sebelumnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
Ø  Memberikan Apersepsi misalnya “Sebutkan nama-nama planet sesuai urutan yang paling dekat dengan matahari!” dan “Apa perbedaan teks fiksi dan nonfiksi?”.
Kegiatan Inti
Ø  Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø  Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
Ø  Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
Ø  Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan bimbingan guru
Ø  Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
Ø  Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang akan dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua, guru memantau pembelajaran
Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap               : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui
Kepala.......



..............

Tarakan, 27 April 2020
Guru Kelas VI-A



...........

Alat & Media Pembelajaran yang digunakan:
  1. Buku Teks Siswa BUPENA 6D Tema 9
  2. PowerPoint tentang Planet Superior dan Planet Inferior
  3. Video “Pengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi” pada kanal Youtube AJ MALINO CHANNEL
  4. Contoh Teks Fiksi

CITA-CITA UPIN DAN IPIN
“Upin dan Ipin merupakan saudara kembar dari Malaysia. Upin dan Ipin tinggal bersama Kakak dan Neneknya, karena orang tua mereka sudah meninggal. Namun Upin dan Ipin tidak pernah merasa kesepian. Mereka memiliki banyak sahabat yang selalu bermain bersama setiap harinya. Selain bermain bersama, mereka juga bersekolah di kelas yang sama.
Suatu hari, Upin dan Ipin mendapat tugas dari sekolahnya. Upin dan Ipin harus harus menggambar apa yang menjadi cita-cita mereka. Ternyata Upin dan Ipin masih merasa bingung kelak akan menjadi apa, sehingga mereka pun kesulitan untuk menggambar. Untunglah ada Nenek yang membantu menjelaskan dan memberi contoh gambar pada Upin dan Ipin."
(Sumber: https://sekolahnesia.com/contoh-teks-fiksi/, diakses pada tanggal 26 April 2020)

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran
LAMPIRAN
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubanan Tingkah Laku
Teliti
Cermat
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

2












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

Rubrik Mengamati dan Membaca (Penilaian IPA)
Berilah tanda centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
KURANG
4
3
2
1
Pengetahuan
Memenuhi kriteria berikut:
-     Mampu menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya.
-     Mampu menjelaskan pengelompokan planet berdasarkan garis edar bumi.
-     Mampu menyebutkan nama-nama planet dalam kelompok planet superior dan planet inferior.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Tidak memenuhi  kriteria yang telah ditentukan.
Keterampilan
Memenuhi ketiga kriteria berikut:
-     Mampu memperagakan posisi planet berdasarkan garis edar bumi.
-     Mampu menunjukkan planet-planet dalam kelompok planet inferior
-     Mampu menunjukkan planet-planet dalam kelompok planet superior
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Tidak memenuhi  kriteria yang telah ditentukan.
Penilaian (penskoran) =        Total nilai siswa        × 10
                                                    Total nilai maksimal

Rubrik Berlatih (Penilaian Bahasa Indonesia)
Berilah tanda centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
BAIK SEKALI
BAIK
CUKUP
KURANG
4
3
2
1
Pengetahuan
Memenuhi kriteria berikut:
-     Mampu membuat peta pikiran cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-     Mampu membuat gagasan pokok dari peta pikiran cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-     Mampu membuat paragraf dari setiap gagasan pokok tentang cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang telah ditentukan.
Tidak memenuhi  kriteria yang telah ditentukan.
Keterampilan
Memenuhi ketiga kriteria berikut:
-     Mampu menuliskan peta pikiran cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-     Mampu menuliskan gagasan pokok dari peta pikiran cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-     Mampu menuliskan paragraf dari setiap gagasan pokok tentang cerita pengalaman pribadi yang mirip dengan cerita fiksi.
-     Mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan efisien.
Memenuhi 3 dari 4 kriteria yang telah ditentukan.
Memenuhi 2 dari 4 kriteria yang telah ditentukan.
Memenuhi 1 dari 4 kriteria yang telah ditentukan.
Penilaian (penskoran) =             Total nilai siswa        x 10
                                                        Total nilai maksimal                
Untuk penilaian lisan, Guru dapat menggunakan alternatif rubrik penilaian Bahasa Indonesia berikut.
ASPEK
SKOR
5
4
3
2
Keserasian isi tuturan terkait perkiraan informasi & kata kunci.
SS
S
KS
TS
Pelafalan
SJ
J
KJ
TJ
Struktur Kalimat
LJ
LTJ
TL
KL
Kepercayaan diri
S
C
K
T
Keterangan:
1.      Kesesuaian/keterkaitan perkiraan informasi & kata kunci judul: sangat sesuai (SS), sesuai (S), kurang sesuai (KS), tidak sesuai (TS)
2.      Pelafalan: sangat jelas (SJ), jelas (J), kurang jelas (KJ), tidak jelas (TJ)
3.      Struktur kalimat: unsur kalimat lengkap & maknanya jelas (LJ); unsur kalimat lengkap & makna kurang jelas (LTJ); unsur kalimat tidak lengkap & makna kurang jelas (TL); kata-kata lepas & makna tak jelas (KL);
4.      Kepercayaan diri: sangat PD (S), cukup PD (C), kurang PD (K), tidak PD (T)
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 6 tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lengkap Lampiran

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1