Contoh RPP 1 Lembar + Lampiran Rubrik Penilaian Kelas 6 Tema 9 Menjelajahi Angkasa Luar Sub Tema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ...........
Kelas / Semester : VI (Enam)-A / 2
Tema 9 : Menjelajahi Angkasa Luar
Sub Tema 3 :
Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
Fokus Mata Pelajaran :
IPA dan SBdP
Pembelajaran : 2
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan menentukan faktor-faktor
pembeda antara planet dalam dan planet luar, siswa dapat menentukan
perbedaan karakteristik dari planet-planet di dalam tata surya kita.
- Dengan bekerja sama membuat model
tata surya dengan menggunakan balon, siswa dapat menampilkan model tata
surya yang lebih detail sesuai dengan posisinya dari sabuk asteroit.
- Dengan berdiskusi tentang jenis-jenis patung
konstruksi, siswa mencari informasi untuk menganalisis tema, alat dan
bahan yang digunakan untuk membuat patung konstruksi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan kehadiran siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang
siswa. (religius).
Ø Menyanyikan lagu wajib/nasional, Guru memberikan
penguatan semangat Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit (literasi)
Ø Mereview pembelajaran sebelumnya dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan.
Ø Memberikan Apersepsi misalnya “Sebutkan nama-nama planet
sesuai urutan yang paling dekat dengan matahari!”
Kegiatan Inti
Ø Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
Ø Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Ø Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang
diajarkan
Ø Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi
yang diajarkan
Ø Siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya dengan bimbingan guru
Ø Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya
di depan kelas
Ø Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan
kelompok
Ø Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di
papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang akan dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua, guru memantau pembelajaran
Kegiatan Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDK St. F. Xaverius
.....................
|
|
Tarakan, 28 April 2020
Guru Kelas VI-A
..............
|
Alat & Media Pembelajaran yang
digunakan:
- Buku Teks Siswa BUPENA 6D
Tema 9
- PowerPoint tentang
Planet-Planet dan Karakteristiknya
- Video “Planet-Planet dan
Karakteristiknya dalam Tata Surya Kita” pada kanal Youtube AJ MALINO
CHANNEL
Gambar beberapa jenis patung konstruksi
Contoh RPP 1 Lembar + Lampiran Rubrik Penilaian Kelas 6 Tema 9 Menjelajahi Angkasa Luar Sub Tema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar
LAMPIRAN
PENILAIAN PROSES DAN HASIL
BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Teliti
|
Cermat
|
Percaya Diri
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
AGUSTHIEN DE LA SANCTA JORDAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
ALEXANDER KIA MITEN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ANASTASYA BELLA DANIELA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
AURELIA MELINDA ANASTASIA
PUTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
BRYLLIAN YIZREEL SALLIPADANG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
CHRYSTIANO DICKY
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
HARIYANTI PASEPANG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
ICCI SURYANTI PERADA SABON
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
INTAN ARYANI BATTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
IRFAN TOMBI LAYUK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
JESHUA JIRRE JENIUS NUBAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
JORGI EMANUEL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
MARGARETH PALMAWATI BULE
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
MARIA FRANSISKA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
RELIGIE SHARON ALINZKYE
PARAMMA’
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
RESTU KRISTIAWAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
VALENT TA'BI SULUNG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
WIZDA ZAZKYA KALA' LEMBANG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
YULIANTO KEVIN WASA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
YUSTINA GABRIELA GREIS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
Rubrik Mengamati dan Membaca (Penilaian IPA)
Berilah tanda centang
(√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Memenuhi kriteria
berikut:
-
Mampu menyebutkan penemuan-penemuan dan manfaatnya dalam
Bidang Astronomi.
-
Mampu menyebutkan karakteristik planet- planet dalam tata
surya.
-
Mampu menyebutkan nama-nama planet dalam kelompok planet
dalam dan planet luar.
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Keterampilan
|
Memenuhi ketiga kriteria
berikut:
-
Mampu menuliskan penemuan-penemuan dan manfaatnya dalam
Bidang Astronomi.
-
Mampu menceritakan tentang karakteristik planet- planet
dalam tata surya.
-
Mampu menunjukkan kelompok planet dalam dan planet luar.
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Penilaian
(penskoran) = Total nilai
siswa × 10
Total nilai maksimal
Rubrik Ayo Berlatih (Penilaian SBdP)
Berilah tanda centang
(√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
ASPEK
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
KURANG
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Memenuhi kriteria
berikut:
-
Mampu menjelaskan definisi patung.
-
Mampu menyebutkan jenis-jenis seni patung dan contohnya.
-
Mampu membedakan jenis-jenis patung berdasarkan bentuk dan
fungsinya.
|
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang telah ditentukan.
|
Tidak memenuhi kriteria yang telah ditentukan.
|
Keterampilan
|
Memenuhi ketiga kriteria
berikut:
-
Mampu menuliskan definisi patung.
-
Mampu menuliskan dan menunjukkan gambar jenis-jenis seni
patung dan contohnya.
-
Mampu mengklasifikasikan jenis-jenis patung ke dalam
kelompoknya berdasarkan bentuk dan fungsinya.
-
Mampu membuat contoh patung konstruksi.
|
Memenuhi 3 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 2 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Memenuhi 1 dari 4
kriteria yang telah ditentukan.
|
Penilaian
(penskoran) = Total nilai
siswa × 10
Total nilai maksimal
0 komentar :
Posting Komentar