Sabtu, 23 Mei 2020

Evaluasi Pembelajaran di SD: Konsep Dasar Asesmen Alternatif, Asesmen Kinerja, & Asesmen Portofolio

Evaluasi Pembelajaran di SD: Konsep Dasar Asesmen Alternatif, Asesmen Kinerja, & Asesmen Portofolio. Berikut adalah rumusan pertanyaan dari dosen:
1. Jelaskan konsep dasar asesmen alternatif.
2. Buatlah contoh bentuk asesmen kinerja.
3. Buatlah contoh asesmen portofolio.

Jawaban:
1. Penilaian dalam arti asesmen merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi tentang pencapaian dan kemajuan belajar siswa. Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan assesmen, yaitu traditional assessment, performance assessment, authentic assessment, portfolio assessment, achievement assessment, dan alternative assessment. Alternative assessment merupakan asasement yang tidak hanya tergantung pada tes tertulis. Pada dasarnya asasemen alternative merupakan alternative dari asesmen tradisional (paper and pencil test). Jadi traditional assessment, performance assessment, authentic assessment, portfolio assessment, dan achievement assessment merupakan kelompok asesmen alternatif.

2. Contoh bentuk asesmen kinerja:
Berikut ini adalah contoh asesmen kinerja dalam membedakan benda cair dan padat dengan teknik penilai daftar ceklist.

No
Aspek penilaian
Skala
Ya
Tidak
1
Menemukan ciri-ciri benda cair
2
Menemukan ciri-ciri benda padat
3
Memberikan contoh benda padat
4
Memberikan cntoh benda cair
5
Membedakan antara benda cair dan padat


Berikut ini adalah contoh asesmen kinerja membedakan benda cair dan padat  menggunakan Holistic Rubric.



Dimensi Kinerja
Skor
Deskripsi
1.       Kelengkapan media yang diamati (dibawa dari rumah)
4
3
2
1
Membawa minimal 4 benda padat dan 4 benda cair.
Membawa minimal 3 benda padat dan 3 benda cair.
Membawa minimal 2 benda padat dan 2 benda cair.
Membawa minimal 1 benda padat dan 1 benda cair
2.       Kualitas pengerjaan tugas
4
3
2
1
Tugas dikerjakan dengan sangat baik dan akurat.
Tugas dikerjakan dengan baik tetapi kurang akurat.
Kualitas pengerjaan tugas kurang baik dan kurang akurat.
Kualitas pengerjaan tugas tidak baik dan tidak akurat.
3.       Kemampuan membedakan benda padat dan benda cair
4


3

2

1
Mampu membedakan benda cair dan benda padat dengan sangat tepat dan akurat.
Mampu membedakan benda cair dan benda padat dengan tepat tetapi akurat.
Kurang mampu membedakan benda cair dan benda padat dengan tepat.
Tidak mampu membedakan benda cair dengan benda padat.

                
Nilai Akhir Siswa = (Skor perolehan )/(Total Skor)  x 100

Contoh asesmen portofolio:
3.        

BAHASA INDONESIA
Nama                : _________________________________
Alokasi waktu: 1 semester
Kelas                     : VI-A
Tahun  Ajaran    : 2019/2020

Kompetensi Dasar
(Materi Uji)
Periode Tanggal
Penggunaan Kata Baku
Tata Bahasa
Sistematika Penulisan
SKOR

1.       Menuliskan kembali teks fiksi dengan bahasa sendiri.
13/01/2020





2.       Menuliskan contoh teks nonfiksi tentang pengalaman liburan
30/01/2020





3.       Menuliskan contoh teks nonfiksi tentang pengaruh globalisasi
15/02/2020





4.       Membuat puisi tentang Lingkungan Sehat
26/02/2020





5.       Menuliskan contoh surat formal
11/03/2020





6.       Menuliskan contoh surat informal
25/03/2020





7.       Menuliskan teks pidato
08/04/2020













Nilai Akhir Siswa = (Skor perolehan )/(Total Skor)  x 100

0 komentar :

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1