Evaluasi Pembelajaran di SD: Konsep Dasar Asesmen Alternatif, Asesmen Kinerja, & Asesmen Portofolio. Berikut adalah rumusan pertanyaan dari dosen:
1. Jelaskan konsep dasar asesmen alternatif.
2. Buatlah contoh bentuk asesmen kinerja.
3. Buatlah contoh asesmen portofolio.
Jawaban:
Jawaban:
1. Penilaian dalam arti asesmen merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi tentang pencapaian dan kemajuan belajar siswa. Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan assesmen, yaitu traditional assessment, performance assessment, authentic assessment, portfolio assessment, achievement assessment, dan alternative assessment. Alternative assessment merupakan asasement yang tidak hanya tergantung pada tes tertulis. Pada dasarnya asasemen alternative merupakan alternative dari asesmen tradisional (paper and pencil test). Jadi traditional assessment, performance assessment, authentic assessment, portfolio assessment, dan achievement assessment merupakan kelompok asesmen alternatif.
2. Contoh bentuk asesmen kinerja:
2. Contoh bentuk asesmen kinerja:
Berikut ini adalah contoh asesmen kinerja dalam membedakan benda cair dan padat dengan teknik penilai daftar ceklist.
No
|
Aspek penilaian
|
Skala
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menemukan
ciri-ciri benda cair
|
||
2
|
Menemukan ciri-ciri benda padat
|
||
3
|
Memberikan
contoh benda padat
|
||
4
|
Memberikan cntoh benda cair
|
||
5
|
Membedakan
antara benda cair dan padat
|
Berikut ini adalah contoh asesmen kinerja membedakan benda cair dan padat menggunakan Holistic Rubric.
Dimensi Kinerja
|
Skor
|
Deskripsi
|
1. Kelengkapan
media yang diamati (dibawa dari rumah)
|
4
3
2
1
|
Membawa
minimal 4 benda padat dan 4 benda cair.
Membawa
minimal 3 benda padat dan 3 benda cair.
Membawa
minimal 2 benda padat dan 2 benda cair.
Membawa minimal 1 benda padat dan 1 benda cair
|
2. Kualitas pengerjaan tugas
|
4
3
2
1
|
Tugas dikerjakan dengan sangat
baik dan akurat.
Tugas dikerjakan dengan baik
tetapi kurang akurat.
Kualitas pengerjaan tugas
kurang baik dan kurang akurat.
Kualitas pengerjaan tugas
tidak baik dan tidak akurat.
|
3. Kemampuan
membedakan benda padat dan benda cair
|
4
3
2
1
|
Mampu
membedakan benda cair dan benda padat dengan sangat tepat dan akurat.
Mampu
membedakan benda cair dan benda padat dengan tepat tetapi akurat.
Kurang
mampu membedakan benda cair dan benda padat dengan tepat.
Tidak
mampu membedakan benda cair dengan benda padat.
|
Nilai Akhir Siswa = (Skor perolehan )/(Total Skor) x 100
Contoh asesmen portofolio:
3.
BAHASA
INDONESIA
|
|||||||
Nama :
_________________________________
Alokasi
waktu: 1 semester
|
Kelas : VI-A
Tahun Ajaran : 2019/2020
|
||||||
Kompetensi
Dasar
(Materi
Uji)
|
Periode
Tanggal
|
Penggunaan
Kata Baku
|
Tata
Bahasa
|
Sistematika
Penulisan
|
SKOR
|
||
1. Menuliskan kembali teks fiksi dengan
bahasa sendiri.
|
13/01/2020
|
||||||
2. Menuliskan contoh teks nonfiksi tentang
pengalaman liburan
|
30/01/2020
|
||||||
3. Menuliskan contoh teks nonfiksi tentang
pengaruh globalisasi
|
15/02/2020
|
||||||
4. Membuat puisi tentang Lingkungan Sehat
|
26/02/2020
|
||||||
5. Menuliskan contoh surat formal
|
11/03/2020
|
||||||
6. Menuliskan contoh surat informal
|
25/03/2020
|
||||||
7. Menuliskan teks pidato
|
08/04/2020
|
||||||
Nilai Akhir Siswa = (Skor perolehan )/(Total Skor) x 100
0 komentar :
Posting Komentar